DARPA Kembangkan Satelit yang Mampu Observasi 40 Persen Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Kementerian Pertahanan Amerika Serikat sedang membangun satelit generasi baru yang mampu mengamati 40 persen permukaan bumi dalam satu waktu. Satelit MOIRE akan mampu mengirim gambar resolusi tinggi secara real time dari mana saja di planet bumi.

Perangkat yang dinilai revolusioner ini dirancang oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) untuk militer AS. MOIRE atau The Membrane Optical Imager for Real-Time Exploitation ini terdiri dari 18 cermin oktagonal yang membentang dan membentuk mata besar, berdiameter 68 kaki (20,7 meter).

Dari posisinya 35 ribu kilometer di atas bumi, MOIRE mampu mengobservasi 40 persen permukaan planet. Satelit ini mampu mengirimkan objek observasi dalam resolusi tinggi dan secara real time.

“Ini akan mengoptimal usaha untuk mendapatkan gambar dan video real time setiap tempat di bumi setiap saat, saat ini teknologi itu belum ada,” tulis DARPA dalam situsnya dilansir Russia Today.

Saat ini MOIRE sedang memasuki fase pengembangan kedua dan prototipe berbasis permukaan darat telah berhasil diuji coba.

Advertisements