Jepang Berencana Membangun Elevator Dari Bumi ke Ruang Angkasa

Dapatkah Anda membayangkan jika Anda melangkah ke dalam lift, lalu menekan tombol “Space” dan beberapa waktu kemudian, Anda telah mengambang di luar angkasa! Terdengar keren atau apakah justru mengerikan? Ini mungkin terdengar gila tapi sekarang, salah satu perusahaan Jepang telah siap untuk mempertaruhkan uangnya pada gagasan ini. Kemampuan menyediakan lift langsung ke ruang angkasa akan membuka jalan baru bagi para ilmuwan, penelitian proyek NASA atau bahkan hiburan untuk umum.

Sebuah perusahaan Jepang bernama Obayashi Corp, kini tengah bersiap untuk membangun lift ke luar angkasa dan akan selesai pada tahun 2050. Obayashi berpikir bahwa NASA tidak bergerak cukup cepat sehingga mereka berencana untuk mengambil tanggung jawab dari melakukan hal besar berikutnya dalam penelitian ruang angkasa. Namun, saat ini kelayakan rencana dan kemampuan teknologi perusahaan masih belum diungkapkan. Panjang total lift akan mencapai 22000 mil dan akan menghubungkan bumi ke stasiun ruang angkasa. Stasiun bumi dan stasiun ruang angkasa akan terhubung bersama-sama melalui kabel. Stasiun luar angkasa juga akan bertindak seperti sebuah penyeimbang orbital untuk memegang kabel.

Jepang Berencana Membangun Elevator Dari Bumi ke Ruang Angkasa

Lift akan membawa sekitar tiga puluh orang dan itu akan memakan waktu delapan hari untuk mencapai stasiun ruang angkasa. Selama perjalanan, pada setiap hari penumpang akan secara bertahap merasa seperti kehilangan berat badan dan terbang di langit. Lift akan naik ke kecepatan maksimum 125 mil per jam. Menurut Obayashi, kabel lift akan dibuat menggunakan nanotube karbon.

Proyek ini terdengar seperti fiksi, tapi hanya dalam 30 sampai 35 tahun, proyek sebesar triliunan dolar ini katanya akan selesai. Kita lihat saja, apakah proyek ambisius ini benar-benar terealisasi……. 🙂

Advertisements