Serangan Hacker Dampak Pertahanan Indonesia Yang Lemah

Tindakan peretasan yang dilakukan para hacker Anonymous Indonesia adalah bentuk protes atas aksi penyadapan yang dilakukan Australia kepada beberapa pejabat RI, yang semestinya harus diperkokoh dengan menggunakan sistem perlindungan TI (teknologi informasi) di Indonesia agar tehindar dari Serangan Hacker.

www.biikriez.wordpress.com biikriez

Jika hal ini dibiarkan terus menerus tentu akan memberi dampak yang buruk terhadap pertahanan Indonesia serta hubungan antar kedua negara.

Yang menjadi dasar persoalan atau awal dari peristiwa ini adalah terjadinya aksi penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah Australia kepada beberapa pejabat pemerintah. Ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah RI agar lebih fokus dan sadar untuk lebih meningkatkan keamanan serta pertahanan dalam hal Ilmu Teknologi.

“Seluruh teknologi wajib diperiksa, Kita juga harus benar benar paham terkait sumber kode sebagai jaminan keamanan,” ungkap I Made Wiryana salah seorang Pakar Komputasi di Indonesia, yang memberikan pernyataan melalui telefon seluler.
I Made Wiryana mencontohkan seperti platform Andoid itu terdapat source code, sehingga dapat ditambahkan pada kriptografi modul untuk sandi.

I Made mengungkapkan serbuan hacker itu dapat dilandasi atas rasa nasionalisme atau vandalism yang berarti pengrusakan.
“Alasan lain terjadinya serbuan ini dikarenakan dari rasa nasionalisme atau vandalisme. Banyak yang menggemari hal tersebut namun persoalannya jarang yang gemar melakukan pertahanan,” ungkap Made.

Guna membahas tentang serangan hacker serta melindungi pertahanan TI Indonesia, Made mengungkapkan bahwa telah diadakan pertemuan penting antara KKI (Komunitas Keamanan Informasi) atau FORMASI dengan Indonesia Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) tanggal 17 November kemarin.

“Tanggal 17 November 2013 kemarin itu diadakan rapat KKI dengan ID-SIRTII yang membahas tentang solusi aksi penyadapan yang terjadi di negara Indonesia, bukan untuk menambah panas suasana namun itu merupakan Database itu yang sangat penting,” ungkapnya.

Beliau menjelaskan jika dibiarkan serangan hacker akan sangat mengganggu perekonomian negara untuk secara organisasi pertahanan kita masih lemah dari aksi penyadapan tersebut

Advertisements