Tips Agar Terhindar Dari Serangan Hacker

Melindungi sebuah sistem keamanan yang terdapat di dunia maya sebaiknya jangan dipandang sebelah mata sebab jika dalam sebuah situs berisikan berbagai laporan data serta informasi penting, bukan tidak mungkin jika sewaktu-waktu akan dibobol oleh serangan hacker yang datang dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yeng terjadi akhir akhir ini kasus peretasan situs yang semakin merajalela mulai dari serangan ddos, deface, sampai dengan database leaking, untuk itulah dibutuhkan adanya peningkatan keamanan sebuah situs agar terhindar dari serangan hacker.

Pihak pihak yang melakukan pembobolan tak akan peduli dan tak akan bertanggung jawab apakah yang mereka intip merupakan situs pribadi atau perusahaan, jika mereka mampu membukanya serta memilki motif pibadi tentu akan dilakukan.
Oleh sebab sebaiknya masyarakat baik itu perusahaan , organisasi maupun individu sebaiknya mewaspadai hal tersebut, berikut ini seorang pakar IT Indonesia, Onno W. Purbo memberikan beberapa tips agar terhindar dari serangan Hacker sehingga teknologi yang digunakan tak mudah disadap oranglain

Onno menghimbau kepada para pemilik situs yang memakai fasilitas untuk menguji coba sistem keamanan dapat memanfaatkan prasarana yang tersedia di dalam sistem operasi, seperti backtrack & kali Linux, atau mengharuskan tim sektoral atau tim nasional untuk membongkar situs dengan tujuan untuk mencari tahu kelemahan pada sistem.

Membentuk sebuah team pengamanan sistem yang bertugas untuk memonitor serta mengawasi semua gerak gerik kegiatan network incident sangat diperlukan untuk memonitor aktivitas penyerangan.

Dengan adanya tim pengamanan ini maka jejak-jejak para hacker yang membobol sistem pengamanan Anda dapat dilacak. Onno menghimbau untuk membuat Computer Emergency Responds secara invididu ataupun dengan cara berkoordinasi, Dan untuk saat ini sebuah team yang sudah terlahir bernama Computer Emergency Responds Team, atau ID-CERT

Agar terhindar dari serangan Hacker Onno W. Purbo kembali menyarankan untuk membuat pertahanan dalam jarak sedang Dan para pemilik situs diharuskan untuk menutup rapat semua lubang keamanan yang terdapat dalam situs Anda, akan lebih baik menulis ulang code PHP yang digunakan. Hal tersebut salah satu proyeksi agar tak terjadi kekeliruan ketika menulis kode.

Advertisements