Waspada Denda Sebesar Rp14 M Jika Mencuri Foto Di Twitter

Bagi Anda pengguna setia Twitter sebaiknya harus mulai waspada jika melakukan sebuah tindakan di dunia maya, pasalnya bisa saja Anda menjadi korban yang dirugikan atau mungkin bisa jadi Anda menjadi orang yang diuntungkan. Seperti yang menimpa seorang fotografer lepas Daniel Morel contohnya, dirinya memperoleh materi senilai USD1,2 juta atau uang sekitar Rp14 miliar (kurs Rp11.722 per USD) hanya gara-gara foto di Twitter.

Berawal dari Fotografer Daniel Morel yang pernah mengambil gambar di berbagai kondisi pasca bencana alam gempa bumi yang menimpa di Haiti, pada tahun 2010 lalu. Kemudian Foto foto tersebut yang dijualnya kepada sejumlah kantor media cetak yang sudah populer seperti New York Times serta majalah Time itu juga di-posting oleh Daniel di akun Twitter miliknya.

Namun gambar gambar yang ia share melalui jejaring sosial Twiiter tersebut kemudian diambil oleh perusahaan stok foto Getty Images dan kantor berita Agence France-Presse (AFP) tanpa meminta izin dahulu kepada pihak Daniel.

Kemudian foto foto Daniel yang melukiskan kondisi gempa Haiti dengan korban sebanyak 250 ribu jiwa tersebut dikomersialkan oleh pihak AFP dan Getty Images. Surat kabar Washington Post merupakan salah satu kantor media yang juga membeli foto foto Daniel dari Getty Images.

Daniel pun kemudian menuntut pihak Getty Images serta AFP untuk membayar ganti rugi sekaligus denda atas aksi pembajakan tersebut. Kasus tersebut akhirnya di bawa ke ranah hukum, namun di pengadilan pihak AFP mengelak dan menjelaskan bahwa setiap foto foto yang di share di sosial media berlambang burung biru tersebut adalah gratis alias bebas untuk digunakan secara umum.

Hal yang dilontarkan pihak AFP tentu saja sangat bertentangan dengan undang undang yang terdapat dalam peraturan Twitter yang menegaskan setiap foto di Twitter hanya diperbolehkan di-retweet, bukan dicomot kemudian diperjualbelikan seperti yang telah dilakukan oleh pihka AFP dan Getty Image.

Hingga akhirnya pada Minggu kemarin pengadilan kota New York telah memutuskan untuk memenangkan pihak Daniel Morel dalam kasus pencurian foto di Twitter tersebut. Daniel memperoleh uang denda sebesar Rp14 miliar dari pihak AFP.

Advertisements