Belajar PHP Tahap Pemula

Apa Itu PHP ?

 PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa scrift yang terpasang dalam HTML. sebagian sintacnya persis sama dengan bahasa c dan java jadi tidak mengherankan bagi pemula yang sebelumnya sudah mengenal bahasa C dan java akan lebih mudah dalam mempelejari PHP.

Apa anda tau hubungan PHP dengan HTML?

Nah sobat pasti sering mendengar kata PHP dalam HTML atau pun sebaliknya. jangan heran kalau HTML dan PHP saling kertkaitan. Kita ambil sebuah contoh kasus halaman web. Halaman Web biasanya disusun menggunakan kode-kode HTML yang berektensi .html. File HTML itu akan dikirimkan oleh server ke web browser user setelah itu web browser user akan menerjemahkan kode-kode html itu menjadi tampilan yang dinamis dan enak dipandang. selanjutnya kinerja PHP, sedikit berbeda dengan HTML, PHP sendiri harus diterjemahkan kedalam dahulu oleh web server guna menghasilkan kode-kode html kemudian baru diaslurkan kedalam web browser user. Kesimpulannya yaitu HTML dan PHP memiliki keterhubungan yang sangat erat karena bahasa PHP tidak akan terbaca oleh web browser apabila tidak ada bahasa HTML.

Apa gunanya belajar PHP ?

Zaman sekarang adalah zamannya internet segala hal pasti memerlukan internet. internet adalah suatu penghubung kita untuk berinteraksi dengan orang lain. dengan adanya internet waktu bisa dipersempit. dan timbul istilah dunia itu sempit. memang benar beberapa statment diatas mengenai internet. tujuan mempelajari PHP yang utama pasti sudah tau. di era global ini pasti pasti aplikasi, halaman web, dsb lebih banyak menggunakan bahasa PHP. buktinya sosial media yang terkenal seperti facebook juga menggunakan PHP adalah pembuatnya. Nah sudah pada ada gamabaran tentang mengenai pentinnya belajar PHP ?

Belajar PHP tahap 1

<?php
echo "Selamat Datang";
?>

Ketikan scrift tersebut kedalam notepad.

langkah selanjutnya menyimpan file dengan hello.php didalam folder htdocs.

Setelah itu buka web browser anda dan ketikan http://localhost/hello.php

Belajar Tahap 2

Apa itu variable? Variable sendiri digunakan untuk menyimpan sebuah value, data atau informasi. Jadi apabila suatu nilai pada penulisan PHP tidak mengandung nilai maka sebuah variable tidak akan mempunyai suatu nilai tertentu. amaka dari pihak PHP dibuat sebuah variable yang ditugaskan untuk memberikan nialai suatu perintah pada PHP. Dalam penulisannya sendiri harus diawali dengan tanda$, dengan catatan nama variable setalh tanda$ harus tidak mengandung spasi, serta panjangnya tidak terbatas

contoh penulisan variable yang benar

$total
$nilai
$_nama

Contoh penulisan variable yang salah

$ harga

contoh script

<?
$nama="Budi";
$Kelamin="laki-laki";
echo "Nama:"$nama"<br>";
echo "kelamin:"$kelamin"";
?>
Advertisements