10 Macam Perangkat Keras (Hardware) Komputer

Perangkat keras komputer sendiri adalah perangkat fisik yang bertugas untuk mengolah setiap perintah yang telah diprogramkan dalamperangkat lunak. Namun jika merujuk arti perangkat keras dalam bahasa Indonesia adalah sesuatu yang bisa dirasakan oleh pancaindra yang kita miliki. Sehingga perangkat keras komputer adalah prangkat yang ada dalam komputer yang bisa dilihat atau dirasakan.

Perangkat keras sendiri ada banyak didalam sebuah komputer. Saya akan mencoba jelaskan kepada anda mengenai macam macam perangkat keras (hardware) komputer mulai dari yang terpenting sampai yang merupakan penunjang saja.

1. Perangkat MotherBoard

Perangkat motherBoard sendiri adalah semacam papan induk yang merupakan pusat dari aktivitas dari sebuah perangkat komputer. Berbagai perangkat penunjang baik itu, optical drive, mouse, monitor sampai sound system komputer anda, bermuara ke perangkat motherboard. Motherboard sendiri bertugas sebagai media untuk mengkoneksikan berbagai perangkat yang ada dikomputer.

2. Memori RAM

RAM adalah tempat yang digunakan untuk penyimpanan sementara berbagai data yang akan diproses oleh Prosesor, sehingga ia tak perlu lagi untuk mengakses harddisk kembali. Ini membuat komputer anda lebih cepat untuk memproses suatu perintah. Semakin besar RAM, maka komputer anda akan lebih cepat dan mengurangi resiko hang.

3. CPU (Central Processing Unit)

CPU sendiri adalah tempat untuk mengolah segala logika dan perintah yang ada di perangkat lunak. Ini juga sering kita sebut prosesor. Prosesor ini sendiri nantinya akan mengirimkan hasil pemrosesan yang akan dikerjakan berbagai perangkat yang terkoneksi dengan komputer.

4. Power Supply

Power Supply sendiri adalah perangkat yang bertugas untuk mengalirkan listrik ke berbagai perangkat komputer lainnya. Ini adalah sumber kehidupan yang tidak boleh terlewatkan dalam perangkat komputer. Semakin besar spesifikasi komputer yang kita inginkan, biasanya memerlukan daya power supply yang semakin besar.

5. Memori Harddisk

Harddisk sendiri adalah memori utama dalam sebuah perangkat komputer. Harddisk akan menyimpan segala data dan perangkat lunak yang anda miliki.

6. Perangkat VGA

Perangkat VGA sendiri adalah perangkat yang digunakan untuk menangani masalah pengolahan grafis yang akan ditampilkan kelayar monitor anda. Didalam VGA sendiri terdapat spesifikasi seperti perangkat komputer mini. Ia memiliki memori seperti RAM dan prosesor untuk mengolah grafis. Semakin besar kebutuhan anda untuk pengolahan grafis seperti memainkan game besar atau mengedit video, maka anda memerlukan spesifikasi VGA lebih tinggi.

7. Layar Monitor

Layar monitor adalah perangkat tambahan untuk sebuah komputer yang berguna untuk menampilkan hasil grafis yang telah diolah oleh VGA. Monitor sendiri adalah perangkat yang mempermudah manusia untuk memahami bahasa mesin. Karena selama masih didalam komputer, hasil data yang diolah masih berupa bahasa mesin.

8. Mouse dan Keyboard

 Macam macam perangkat keras (hardware) komputer berikutnya adalah Mouse dan keyboard. Perangkat ini berguna sebagai input komputer yang kemudian diterjemahkan oleh perangkat lunak yang ada. Hasil perangkat lunak inilah yang diolah oleh Prosesor yang kemudia tampil dilayar komputer anda.

9. Perangkat SoundCard

Perangkat Soundcard dalah bahasa Indonesia berati kartu suara. Seperti namanya, perangkat ini berguna untuk memproses data suara yang kemudian bisa ditampilkan kedalam speaker atau sound system yang kita miliki.

10. Optical Drive Perangkat

Optical Drive ini biasa kita kenal dengan perangkat DVD atau CD di komputer. Perangkat ini biasakita gunakan untuk membaca keping CD atau DVD yang biasa kita sewa atau beli di toko kaset.

Itu tadi Macam macam perangkat keras (hardware) komputer yang penting dan biasa ada di sebuah perangkat komputer zaman sekarang. Perangkat komputer adalah satu kesatuan dari beberapa perangkat keras yang tersusun menjadi satu. Sehingga keberadaan beberapa perangkat diatas sangatlah vital dalam sebuah perangkat komputer.

Advertisements