Keuntungan dan Kerugian Dalam Menggunakan Internet

Selama ini selalu menjadi perdebatan dikalangan masyarakat. Sejatinya, internet hanyalah media komunikasi seperti halnya komunikasi selular ataupun komunikasi melalui burung merpati sekalipun. Semua media komunikasi dari waktu kewaktu pasti akan membawa dampak baik atau buruk pada seseorang. Mari kita kaji lebih dalam mengenai Keuntungan dan kerugian internet dalam pos ini.

1. Bidang Pendidikan

Pemanfaatan internet bagi bidang pendidikan saat ini bukanlah hal yang langka terjadi. Berbagai lembaga pendidikan kini telah bertransformasi ke media internet untuk memaksimalkan segala kemampuan yang mereka miliki.

Keuntungan internet:

  • Dengan internet, kini seorang siswa bisa belajar melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Bahkan seorang siswa masih bisa mengikuti berbagai mata pelajaran yang telah diajarkan disekolah meski sedang berada di luar negeri sekalipun, misalnya.
  • Semakin mudahnya seorang pelajar untuk bisa mencari berbagai program beasiswa yang diadakan diseluruh dunia melalui internet
  • Siswa mudah mencari bahan untuk mengembangkan ilmu mereka.
  • Seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah memberi tugas pelajaran melalui sebuah website.
  • Lembaga pendidikan atau guru dapat dengan mudah memberikan pengumuman kepada siswanya melalui sarana internet.

Kerugian internet:

  • Banyak siswa yang menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya didepan pengajarnya
  • Sering disalah gunakan siswa untuk mengakses hal yang tak berhubungan dengan pendidikan, yang bisa membuat pelajaran terbengkalai. Seperti misalnya chatingan, game atau situs dewasa.

2. Bidang Ekonomi

Internet memang sarana komunikasi yang sangat efektif. Internet diketahui tak hanya bermanfaat untuk pendidikan, namun juga baik untuk ekonomi. Internet menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi secara online. Berikut ini Keuntungan dan kerugian internet di Bidang ekonomi.

Keuntungan:

  • Semakin mudahnya orang melakukan jual beli secara online
  • Jual beli online ini ditunjang juga denganberbagai kemudahan transaksi online secara singkat seperti yang dilakukan bank BCA sejak dulu, lewat klik BCA-nya. Selain itu transaksi instant bisa juga dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.
  • Dengan semakin tingginya transaksi online, ini berarti semakin banyak lapangan kerja yang akan dibuka.

Kerugian:

  • Kerugian dari interner dibidang ekonomi adalah maraknya penipuan seperti toko online palsu dan lainnya.
  • Maraknya kejahatan yang melibatkan transaksi kartu kredit. Maraknya pencurian data perusahaan oleh orang tak bertanggung jawab.

3. Bidang Sosial

Tak hanya ekonomi dan pendidikan, Internetnyatanya juga masuk keberbagai sendi masyarakat yang berdampak pada Keuntungan dan kerugian internet pada bidang Sosial. Dengan internet sosial masyarakat berkembang dengan pesat. Kini seorang teman bahkan bisa berbagi banyak hal memalui internet meski memiliki jarak yang sangat jauh antara satu dengan yang lainnya. Berikut Keuntungan dan kerugian internet dalam bidang sosial.

Keuntungan internet:

  • Komunikasi berkembang pesat. Tak sekedar komunikasi biasa, kini orang bisa bersosialisasi dengan teman – temannya yang jauh keberadaannya, maupun dengan orang lain yang belum diakenal melalui sebuah komunitas online seperti di Facebook.
  • Masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai hiburan dengan mudah dari belahan dunia manapun.
  • Masyarakat sekarang dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam kehidupan baik itu seperti membayar tagihan listrik, PAM, dan tagihan lainnya secara online. Ini membuat waktu yang digunakan masyarakat menjadi efektif.

Kerugian Internet:

  • Komunikasi tidak lagi bertatap muka seperti dahulu. Ini baik untuk teman yang jauh keberadaannya. Namun terkadang ini justru bisa menjauhkan teman yang keberadaannya dekat dengan kita, karena lebih memilih berkomunikasi di internet dari pada bertatapmuka langsung.
  • Membuat orang secara tidak sadar berubah perilaku karena sering menghadapi komputer, bukan orang secara real.

Nah itu tadi berbagai contoh Keuntungan dan kerugian internet dalam berbagai bidang yang telah saya rangkum untuk anda. Kembali saya ingatkan bahwa, sejatinya internet hanya sarana komunikasi. Segala hal yang membuatnya bisa menguntungkan dan merugikan sebenarnya kembali kemanusianya itu sendiri. Untuk itu, kita harus bijak dalam menggunakan sara komunikasi internet tersebut.

Advertisements