5 Tips Merawat HARDDISK Dari Kerusakan

Harddisk adalah komponen yang vital dalam sebuah komputer. Tanpa harddisk, maka komputer kita tidak bisa berkerja karena tidak adanya ruang penyimpanan didalamnya. Komputer membutuhkan memori penyimpanan untuk berkerja, dan disinilah harddisk menjadi penting. Jika tak banyak orang yang tahu tentang Tips merawat hardisk dari kerusakan. Ini karena orang cenderung memandang sebelah mata keberadaan harddisk.

Banyak orang yang tahu betapa pentingnya merawat harddisk agar tidak rusak setelah harddisk terebut rusak. Ketika sudah rusak, maka hal ini sudah terlambat. Bayangkan jika kita harus kehilangan begitu banyak data penting yang mungkin belum sempat kita backup ke tempat lain, yang mungkin baru bisa kita dapat setelah bertahun – tahun berkerja. Disaat seperti ini, data dilaptop mungkin lebih berharga dibanding laptop itu sendiri. Untuk itu pastikan anda tahu Tips merawat hardisk dari kerusakan.

1. Hindari Overheat

Jangan biarkan harddisk anda mengalami panas yang berlebihan. Pastikan ventilasi udara yang ada diharddisk bisa mengalirkan udara dengan baik. untuk komputer desktop, biasanya harddisk tidak memerlukan kipas, karena ruang yang besar dan sirkulasi cukup lancar. Yang rawan adalah harddisk yang ada dilaptop.

Selain komponennya lebih rawan dibanding harddisk di desktop, harddisk laptop juga sangat memerlukan ventilasi udara dengan baik. biasanya ventilasi di laptop dibantu dengan sebuah kipas yang menyala saat laptop mulai dihidupkan. Jika aliran udara tersumbat, maka harddisk akan dengan mudah menjadi panas. Ini diperparah dengan prosesor yang cepat panas saat aliran udara terhambat, dimana prosesor yang panas ikut membuat harddisk semakin panas.

2. Force Shutdown

Force Shutdown adalah cara yang kasar untuk mematikan sebuah komputer. Force shutdown atau mematikan komputer dengan cara paksa biasa dilakukan dengan cara memencet tombol power agak lama. Setelah beberapa detik, maka komputer akan tiba – tiba mati. Ini biasa dilakukan saat komputer benar – benar hang karena sesuatu hal, sehingga tak dapat dimatikan dengan cara yang biasa.

Melakukan Shutdown paksa adalah cara yang sebenarnya tidak baik, dimana hanya dilakukan pada saat terpaksa saja. Alasan tidak bolehnya melakkukan shutdown paksa adalah membuat harddisk mudah rusak. Ini karena harddisk yang digunakan selama ini adalah menggunakan piringan yang memutar dengan kencang. Piringan ini dibaca dengan menggunakan komponen mirip sebuah jarum, mirip seperti karet piringan hitam jaman dulu. Jika ini dihentikan paksa, maka dikhawatirkan jarum tersebut bisa patah yang mengakibatkan piringan dalam harddisk tidak dapat dibaca lagi.

3. Power Supply

Gunakanlah power supply yang sesuai dengan spesifikasi komputer anda. Jika power supply anda tidak mampu menangani kebutuhan komputer anda dengan baik, maka akan dapat merusak komponen yang ada didalamnya salah satunya harddisk. Power supply yang tidak sesuai dapat membuat kontroller yang didalamnya mudah rusak.

4. Partisi Harddisk

Partisi sendiri pada dasarnya berfungsi untuk membagi harddisk menjadi beberapa bagian yang diinginkan pemiliknya. Partisi harddisk biasanya dilakukan pada awal sebelum menginstall sebuah Software Operasi sistem seperti windows, di dalam komputer.

5. Hindari Magnet

Jika anda ingin harddisk anda awet, cobalah untuk menghindarkan harddisk dari magnet, seperti magnet di speaker. Magnet diketahui dapat mengganggu komponen elektronik terlebih banyak komponen harddisk yang terbuat dari besi.

Itu tadi beberapa Tips merawat hardisk dari kerusakan yang bisa anda dilakukan setiap hari. Melakukan perawatan atau pencegahan seperti ini sangat penting dilakukan setiap hari karena kerusakan harddisk biasanya ditimbulkan karena jangka waktu tertentu. Kerusakan harddisk tersebut ibarat akumulasi masalah yang terjadi. Jika overheat sekali saja misalnya, maka belum tentu harddisk akan langsung rusak.

Advertisements