Contoh Program Perulangan (LOOPING) JAVA

Hallo sobat blogger, di sini saya akan memposting program java lagi nhi yaitu tentang Program Perulangan(Looping) java. Looping atau perulangan adalah suatu program dengan perintah yang berulang-ulang. Macam-macam perulangan yaitu ada For, While, dan Do While. Yang akan saya bahas disini adalah perulangan For.

Perulangan for merupakan perulangan yang sangat sering saya gunakan, karena dari segi programnya mudah dipahami dengan hanya sekali baca. Berikut komponen-komponennya.

 for (inisialisasi_variabel; kondisi_variabel; update_variabel) {

banyak_perintah }

Di sini inisialisasi_variabel bisa berupa apa saja yang berbentuk perintah, misal memberikan variabel dengan nilai awal tertentu. kondisi_variabel harus berbentuk pernyataan boolean, sedangkan update_variabel berbentuk perintah yang akan dijalankan. Supaya tidak bingung, kita lihat contoh di bawah ini.

Contoh program perulangan dengan menggunakan For. Disini programnya yaitu menjumlahkan angka dari 1 sampai dengan 100 (1+2+3+4+….+100), jika menggunakan cara biasa mungkin banyak sekali baris program yang dibuat, tetapi dengan menggunakan For, maka programnya seperti berikut .

class Perulangan {
public static void main(String [] args){
int jumlah = 0;
System.out.println(“Program pertambahan 1+2+3+4+5+…+100 “);
System.out.println(“======================================”);
for (int i = 1; i <= 100; i++){
jumlah += i; }

System.out.println(“Hasil Penjumlahannya adalah     : “+jumlah);
}
}

Outputnya adalah :

Save File dengan nama Perulangan.java , jalnkan program.

Sekian artikel tentang Contoh Program Perulangan Java, Semoga bermanfaat.

Advertisements