Tips merawat laptop dengan baik dan benar

Tips merawat laptop dengan baik dan benar. Banyak dicari terutama untuk mereka yang baru memiliki laptop atau awam tentang merawat komputer jinjing ini. Merawat lapop sendiri tetunya tak sama dengan merwat komputer desktop. Untukmerawat laptop dengan baik dan benar, kita harus tahu karakteristik dari laptop itu sendiri. Kita harus perhatikan benar mengenai cara merawat baterai, keyboard hingga hardware lainnya.

1. Merawat Baterai laptop

Baterai sendiri adalah media untuk menyimpan sumber tenaga untuk laptop itu sendiri. Keunggulan laptop dibanding komputer dekstop sendiri adalah adanya baterai yang mampu dibawa kemana – mana. Tanpa baterai laptop, maka kita harus selalu menghubungkan laptop langsung sumber listrik. Ketika ini terjadi, maka laptop tak ubahnya dengan komputer desktop.

  • Untuk tips merawat baterai laptop yang pertama adalah melakukan pengisian dengan benar. Saat pertama kali membeli laptop baru, isilah baterai laptop hingga oenuh sekitara 4 – 8 jam. Setelah baterai penuh, baru anda gunakan seperti biasa. Jangan gunakan laptop sebelum baterai penuh untuk pertama kalinya.
  • Lepas baterai jika digunakan dalam waktu lama dengan menggunakan listrik. Walaupun dilaptop modern biasanya terdapat pemutus arus otomatis jika baterai sudah penuh, namun ada beberapa kasus dimana ini bisa menyebabkan kebocoran baterai. Meski terputus otomatis saat penuh, namun baterai laptop masih menimbulkan panas karena masih kontak dengan sumber listrik.
  • Jika listrik dirumah tidak stabil, maka terlebih dahulu menggunakan stabliser sebelum laptop terhubung dengan listrik PLN. Untuk opsi yang lebih baik, gunakan UPS sebelum laptop terhubung dengan listrik PLN. UPS sendiri memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang anda membeli baterai laptop.
  • Atur waktu periode waktu sleep laptop anda. Sleep berguna untuk menon-aktifkan beberapa perangkat keras laptop anda, jika laptop berada pada posisi idle atau tak mengerjakan suatu perintah apapun.
  • Aturlah kecerahan layar dengan baik. usahakan gunakan layar yang redup jika anda merasa masih bisa melihat dengan baik tanpa harus menggunakan layar terlalu cerah. Ini berguna unutk menghemat penggunaan daya baterai.
  • Perikasalah software yang berjalan otomatis dibelakang layar. Terlalu banyak software yang berjalan dilaptop anda, maka akan membuat baterai cepat habis.

2. Merawat Keyboard

Keyboar adalah salah satu perangkat yang penting dalam laptop. Keyboar laptop tidak seperti keyboard komputer dekstop yang mudah diganti dan dibeli dengan murah di toko komputer. Agar anda tidak mengalami masalah karena keyboard rusak, maka anda harus merawat keyboard dengan baik.

  • Yang pertama harus dilakukan adalah memutus arus listrik di laptop anda baik dari baterasi atau charger.
  • Anda bisa meniupkan udara bertekanan menggunakan kompresor udara ke sela – sela keyboard untuk membersihkan debu yang ada.
  • Gunakan alkohol berkadar rendah atau gunakan cairan pembersih seperti yang ada di toko komputer. Setelah itu bersihkan dengan kain halus.
  • Yang terakhir gunakanlah keyboard protector untuk melindungi keyboard, terutama melindungi dari air yang mungkin bisa saja menetes sewaktu – waktu ke keyboard anda. Keyboard bisa langsung rusak jika tetesan air masuk ke bagian dalam circuit keyboard yang ada dibawah tombol keyboard.

3. Merawat Hardware

Tips merawat laptop dengan baik dan benar berikutnya yang tak kalah penting adalah merawat hardware yang ada didalam laptop. Hardware didalam laptop seperti motherboard, CPU, ram dan lainnya perlu dirawat dengan baik dan benar agar laptop anda bisa terus menemani anda dalam waktu lama. Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dalam Tips merawat laptop dengan baik dan benar.

  • Jangan biarkan laptop mengalami overheat. Panas yang berlebihan akan membuat komponen laptop cepat aus. Cara menghindarinya adalah tidak menggunakan laptop terus menerus tanpa henti. Usahakan istirahatkan laptop setidaknya untuk beberapa saat hingga laptop dingin kembali.
  • Lihat apakah ada yang menghalangi lubang ventilasi laptop. Ini masih ada kaitannya dengan overheat. Jika lubang aliran udara terhambat, maka laptop akan cepat sekali panas, yang ini berarti berbahaya untuk komponen didalamnya. Usahakan jangan meletakkan laptop diatas benda seperti kasur atau sofa, ini karenakain yang ada dikasur dengan mudah menghalangi lubang udara. Letakkan diatas benda yang datar seperti meja, atau usahakan ventilasi udara tidak tertutup.
  • Hindarkan laptop dari barang – barang yang mengandung medan magnet seperti speaker. Magnet ini dapat mengganggu komponen elektronik didalam laptop yang terbuat dari besi.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan DVD atau optical drive yang ada dilaptop. Ini karena optical drive dilaptop lebih cepat rusak ketimbang Optical drive di DVD.

Merawat laptop agar awet membutuhkan ketelatenan anda dalam merawat. Biasanya laptop rusak tidak dengan cara tiba – tiba. Latop cepat sekali rusak karena penggunaan pemiliknya yang tidak tepat. Untuk itu lakukan Tips merawat laptop dengan baik dan benar setiap hari, agar laptop anda awet.

Advertisements