Apa Pentingnya Branding Untuk Usaha Anda?

 

blog-pentingnya-branding-untuk-usaha-andaBranding dan pengemasan yang baik menjadi hal yang penting bagi sebuah produk. Namun sayangnya banyak pelaku UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) belum begitu peduli bahkan tidak memahami permasalahan tersebut. Memberikan Branding pada sebuah produk akan memberikan ciri khas sebuah produk sehingga mudah untuk diingat. Harga sebuah prosuk akan meningkat dengan memberikan branding dan kemasan yang baik. Memberikan branding dan mengemas produk dengan baik bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran untuk menarik pembeli.

Menurut Anne Nurfarina,Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) STSI Telkom, pengetahuan pelaku usaha kecil soal pengemasan masih rendah, padahal itu menentukan daya tarik dan harga jual dari produknya, karena konsumen lebih senang terhadap suatu produk yang dikemas dengan baik. Sebagai sebuah strategi pemasaran, branding sebenarnya tidaklah rumit namun memiliki implikasi yang besar

Untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian pelaku usaha kecil akan pentingnya branding dan pengemasan, Anne dan tim gencar melakukan penyuluhan kepada UKM tentang pentingnya tampilan produk dan estetika pengemasan untuk meningkatkan branding produk.

Program ini dilakukan melihat potensi usaha kecil di daerah Bandung khususnya yang sangat besar. Dengan berbagai produk dari pelaku UKM yang sangat banyak dan variatif, dan amat disayangkan kalau mereka tidak memiliki kemampuan untuk memberikan logo dan kemasan pada produknya, padahal itu nantinya akan berpengaruh pada tahap pemasaran hasil produk.

Jika diamati beberapa produk makanan misalnya, yang terpampang pada supermarket dan pasar tradisional, meski barangnya sama tetapi dengan kemasan yang berbeda akan lebih memiliki gengsi dan daya tarik yang berbeda. Karena itu memberikan branding dan kemasan dengan lebih baik mampu memberikan nilai tambah sebuah produk.

Sumber: Fest Desain

Advertisements