Hati-Hati, Ransomware Targetkan Perangkat Pintar di Masa Depan

Ransomware merupakan salah satu ancaman keamanan siber yang sempat menghebohkan. Pun demikian, malware pengambil uang ini hanya menyasar perangkat tertentu seperti komputer, tablet, atau smartphone.

Namun hasil penelitian terbaru menemukan ancaman malware dapat berdampak lebih luas. Apalagi kemungkinan di masa depan banyak perangkat pintar yang saling terhubung.

Dikutip dari laman ZDNet, Kamis (22/9/2016), peneliti Intel Security baru saja menemukan kerentanan di sistem hiburan dari mobil pintar sebuah pabrikan. Hal itu memungkinkan kriminal memasang malware di sistem kendaraan tersebut.

Dalam demonstrasi yang diperlihatkan peneliti,malware ini bisa menginfeksi sistem suara untuk memainkan musik terus menerus. Karenanya, ada kemungkinan celah ini dapat digunakan untuk menyusupkan file berbahaya.

Tak sekadar sistem audio, bahkan ada kemungkinan sistem kendaraan dan keamanan juga berhasil dibobol oleh malware ini. Pun demikian, bukan berarti sistem tersebut tak bisa diatasi.

Salah satu yang dapat diantisipasi adalah pemisahan antara sistem mesin dan sistem lainnya. Kondisi itu memungkinkan sistem yang terjangkit malware tak akan berpengaruh pada sistem lain.

Selain kendaraan pintar, para peneliti juga menemukan router internet di rumah dapat terjangkit file berbahaya ini. Biasanya perangkat itu dibekali sistem masuk yang standar, dan mudah dibobol oleh malware berbahaya.

Advertisements